Parkirlah Sepeda (Hanya) di Tempat yang Telah Disediakan

PPI Kyoto Shiga – Salah satu moda transportasi yang paling banyak dan sering digunakan warga Kyoto adalah sepeda. Alat transportasi ini selain murah, bebas polusi dan menyehatkan, terkadang menimbulkan...
35mmPatrikWallner_Kyoto_BikeTicketLOWQ1000P-727x485

PPI Kyoto Shiga – “Detik-detik mendebarkan sebelum digaruk”. Sepeda yang sedang dicatat oleh petugas karena melanggar aturan parkir. (source: http://www.wallnerok.com)

PPI Kyoto Shiga – Salah satu moda transportasi yang paling banyak dan sering digunakan warga Kyoto adalah sepeda. Alat transportasi ini selain murah, bebas polusi dan menyehatkan, terkadang menimbulkan masalah tersendiri yaitu tempat parkir.

Beberapa jalan-jalan utama yang banyak dilalui pejalan kaki, akan sering dijumpai tanda/simbol khusus larangan memarkir sepeda. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kenyamanan pada pejalan kaki maupun pengguna jalan lainnya dan mencegah risiko kecelakaan. Simbol tersebut dapat kita jumpai di sepanjang shopping district Kawaramachi, Sanjo dan sekitarnya, area Hyakumanben, area stasiun kereta dan lain-lain.

do not parking Kyoto

Rambu Dilarang Parkir Untuk Sepeda Maupun Sepeda Motor

Sebagai warga baru Kyoto, biasanya tidak menyadari atau tidak tahu akan simbol tersebut. Jika kita memarkir sepeda di zona larangan parkir, akan ada petugas yang akan mengangkut sepeda-sepeda yang terparkir ‘manis’ dan dibawa ke tempat penampungan sepeda yang lokasinya dapat kita cek melalui link berikut: http://kyochari-navi.jp/tekkyo/list.html

Berikut prosedur/cara yang dapat kita lakukan ketika mendapati sepeda kita tidak berada lagi ditempat parkir:

  1. Mendatangi pos polisi/police box/Koban/交番, kemudian melaporkan kehilangan sepeda.
  2. Atau langsung cek lokasi keberadaan sepeda melalui link berikut: http://kyochari-navi.force.com/searchProsedur nomor 2 ini berlaku kalau memang jelas kita sudah tahu sepeda kita berada di zona larangan parkir. Untuk prosedur nomor 1, biasanya polisi akan bertanya dimana terakhir kali kita memarkir sepeda. Jika diketahui diparkir di zona larangan parkir, maka polisi akan mengarahkan kita membuka link seperti prosedur nomor 2. Jika diketahui diparkir tidak di zona tersebut, maka kemungkinan besar sepeda tersebut memang dicuri, dan silakan melakukan prosedur yang berlaku di pos polisi.Kita juga bisa mengecek lokasi penampungan sepeda dengan men-scan barcode di gambar seperti dibawah ini:Screen Shot 2015-05-13 at 9.59.26 PM
  3. Pada link prosedur nomor 2, silakan memasukkan security number sepeda pada kolom yang disediakan. Sistem tersebut nantinya akan menyajikan dimana lokasi sepeda kita ditampung lengkap dengan jam berapa sepeda tersebut diangkut petugas.
  4. Silakan menuju lokasi penampungan sepeda sesuai jam kerja lokasi tersebut. Kita akan diwawancarai oleh petugas dimana dan kapan sepeda terakhir kali diparkir, mengisi form, menunjukkan identitas diri dan surat izin penggunaan sepeda, serta membayar biaya sebesar ¥2300 (tentu saja disertai nasehat dari petugasnya untuk lebih berhati-hati di lain waktu :D).
  5. Sepeda bisa dibawa kembali pulang 😉

 

Sekian, semoga bermanfaat. Sayangi sepeda anda dengan parkir di tempat yang telah disediakan 😀

Categories
Informasi
ppikyoto

Administrator website PPI Kyoto Shiga

RELATED BY